Rabu, 08 Desember 2010

Menjelang Ujian

MENJELANG UJIAN
Sebentar lagi anak-anak didikku di kelas D4, PKPBA UIN Maliki akan menghadapi ujian tahap ke-2. Ini adalah ujian kedua di semester pertama. Saya yakin mereka sudah tidak akan asing lagi, hal ini akan berbeda ketika mereka baru menghadapi ujian di tahap awal. Hasil mahasiswa saya di tahap satu, saya syukuri, karena kebanyakan sudah memenuhi target. Alhamdulillah….
Namun, ada yang menghawatirkan karena di tahap kedua ini, jumlah hari efektif lebih sedikit dan mahasiswa terlihat mulai tidak semangat. Indikasinya, mereka datang terlambat dan pulang lebih cepat.
Apa yang harus dipersiapkan??
Sebagai pengajar, tentunya harus mengetahui kondisi peserta didik. Mengutip perkataan bapak ketua PKPBA, DR.H. Miftahul Huda di rapat intern dosen persiapan ujian, bahwa mahasiswa adalah ibarat layang-layang. Jika mahasiswa terlihat lenggah, maka perlu diberi sedikit kelonggaran, namun jika mahasiswa sedang di puncak semangat , maka perlu terus dipacu sekuat mungkin.
Menjelang ujian kali ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh dosen dan mahasiswa.
A. Persiapan oleh Dosen
1. Tetap mengajarkan kedisiplinan
2. Tetap memotivasi dan menekankan bahwa Bahasa Arab itu mudah dan penuh manfaat
3. Mendampingi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam belajar
4. Memberikan variasi pengajaran dan tugas
5. Menjalin komunikasi dengan dosen sejawat atau senior tentang pengembangan pembelajaran di kelas
6. Fokusnya disamping materi selesai, targetnya adalah mahasiswa selalu punya kesan yang istimewa terhadap materi yang dipelajari, sehingga mereka semakin teringat dengan Bahasa Arab
B. Persiapan oleh Mahasiswa
1. Meriview materi yang telah diajarkan
2. Aktif bertanya, baik pada teman atau dosen
3. Tidak melakukan belajar system SKS “system Kebut Semalam”
4. Mengerjakan tugas yang diberikan dosen dengan sungguh-sungguh
5. Belajar kelompok
6. Teliti ketika ujian
7. Pasrah dan berdoa
Selanjutnya, semoga ujian tahap dua dan seterusnya…mahasiswa UIN umumnya dan kelas D4 khususnya mendapatkan nilai yang terbaik. Dan yang paling penting dari semua itu adalah mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar