Jumat, 03 Desember 2010

Bahasa Dan Program Khusus


BAHASA DAN PROGRAM KHUSUS
            Alhamdulillah, tahun ini saya dipercaya kembali untuk mengampu dan menjadi pendamping/wali kelas di PKPBA (Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di kelas D4.
            Banyak diantara mahasiswa baru yang beranggapan dan bahkan berkata langsung kepada saya bahwa Bahasa Arab itu sulit, lebih sulit dari mata kuliah apapun, baik Bahasa Inggris atau Matematika, Fisika dan Kimia. Awalnya, mereka tidak yakin apakah mereka bisa berBahasa Arab, padahal program intensif Bahasa Arab yang ada di UIN Malang ini hanya satu tahun? Dan mereka mayoritas tidak memiliki background pendidikan pondok pesantren atau agama atau dengan kata lain mereka benar-benar awam dari Bahasa Arab, bahkan ada juga yang belum mengenal tulisan Arab.
            Subhanallah, problem di atas adalah tantangan bagi kami, termasuk saya untuk berusaha mengajak para mahasiswa agar yakin bahwa mereka bisa berBahasa Arab.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat meyakinkan para pemula, bahwa Bahasa Arab iu mudah dan penting!
Mengapa Belajar Bahasa Arab?
            Siapakah kamu, wahai mahasiswa? Anda seorang muslim, bukan? Sebagai seorang muslim, tentu kita ingin menjadi muslim yang kaffah atau setidaknya berusaha menjadi kaffah. Salah satu ciri muslim sejati juga mengerti dan memahami dasar ajaran Agama, yaitu Al-quran dan As-sunnah.
            Sebagaimana kita ketahui, bahwa bahasa yang digunakan Al-quran dan As-sunnah adalah Bahasa Arab. Tidak akan mungkin tegak agama kita jika kita sebagai seorang muslim tidak menguasai bahasa yang digunakan oleh dasar agama kita.
            Selain itu, siapakah mahasiswa? Mahasiswa adalah ilmuwan. Mahasiswa tidak akan puas dengan satu ilmu dan satu jawaban. Mahasiswa sejati selalu bertanya atas fenomena yang ada. Salah satu dari ilmu yang ada adalah Bahasa Arab. Dengan bahasa, termasuk Bahasa Arab, mahasiswa akan menimba banyak ilmu dan menguasai dunia. Karena sebagaimana diketahui Bahasa Arab adalah termasuk sarana komunikasi yang diakui PBB sebagai bahasa internasional. Maka, jika sebagai ilmuwan yang ingin menguasai dunia…tidak salah jika Anda menguasai Bahasa Arab.
Manfaat Belajar Bahasa Arab
            Secara singkat, manfaat dari belajar Bahasa Arab adalah:
1.      Karena Bahasa Arab adalah bahasa agama, maka dengan mempelajarinya Anda akan lebih percaya diri dalam beribadah. Contoh, ketika berdoa, jika doa seorang imam sholat Anda dengan Bahasa Arab, maka Anda akan yakin Allah mengabulkan doa tersebut, karena setidaknya Anda sudah mengetahui terjemah dan maksud  dari isi doa tersebut.
2.      Sebagai bahasa komunikasi, maka dengan Bahasa Arab akan member kemudahan-kemudahan. Sebagai contoh, jika Anda diberi kesempatan untuk berkunjung ke Negara-negara Arab dan berbelanja di sana, maka secara otomatis Bahasa Arab sangat bermanfaat dalam tawar menawar barang.
3.      Jika Anda kreatif, seperti membuka private belajar Bahasa Arab untuk anak SD atau calon jamah haji, maka Bahasa Arab membawa berkah material tidak terhingga pada hidup Anda.
Tentunya, banyak lagi manfaat yang lain dari belajar Bahasa Arab.
Namun, perlu diingat bahwa manfaat dari belajar Bahasa Arab ini tidak secara langsung dapat dinikmati. Seperti orang yang menanam pohon kelapa, untuk memanennya harus menunggu waktu yang lama. Begitu pula dengan belajar Bahasa Arab.

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab
            Seperti belajar apapun, terutama bagi yang belum mengenal sama sekali sesuatu yang akan dipelajari, pasti akan mengalami jatuh-bangun dan menghadapi kesulitan. Sebagai contoh sederhana, ketika Anda waktu masih berusia sembilan atau sepuluh bulan, Anda ingin bisa berjalan, maka Anda harus mengalami jatuh dan itu tidak hanya satu kali. Begitu pula dengan belajar Bahasa Arab.
            Berikut beberapa cara yang mudah untuk belajar Bahasa Arab bagi pemula:
1.      Yakinkan dalam hati, bahwa Bahasa Arab adalah mudah. Ingat, tidak ada yang mustahil di dunia ini!
2.      Tumbuhkan rasa cinta pada Bahasa Arab!
3.      Tancapkan di pikiran, bahwa Bahasa Arab sangat bermanfaat dalam kehidupan Anda!
4.      Jangan takut salah dalam mengungkapkan kata atau kalimat dengan Bahasa Arab, baik tulisan maupun lisan, karena dengan kesalahan itulah Anda akan menemukan kebenaran dan Anda lambat laun tidak akan  mengulangi kesalahan yang sama.
5.      Rajinlah berlatih! Seperti, ketrampilan berbicara, jika tidak ada teman untuk bercakap-cakap dengan Bahasa Arab, maka benda matipun dapat Anda jadikan teman, meskipun awalnya mungkin disangka sudah gila, tapi hal nekad inilah yang juga menjadikan Anda lebih berani dan cepat bisa berBahasa Arab
Kiranya itu cara mudah mempelajari Bahasa Arab. Selamat mencoba!!!


           


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar