Rabu, 15 Desember 2010

Ayo disiplin

KEDISIPLINAN ITU PENTING
Dalam Islam kita mengenal sebuah qaul rasul bahwa “الوقت كالسيف”, namun prihatin rasanya melihat fenomena yang terjadi bahwa masih banyak diantara kita yang belum menghargai waktu. Waktu dalam Islam adalah pedang, yang berarti jika tidak digunakan dengan sebaik-baiknya maka dia siap menghunus pemiliknya.
Kenapa si A hidupnya lebih berhasil daripada si B? yang padahal A dan B sama-sama diberi oleh Allah waktu yang seharinya 24 jam. Hal ini karena A lebih dapat memenej waktu. Waktu yang sudah pergi, tidak dapat diputar kembali. Karena itu, budaya terlambat dan tidak on-time dalam melakukan sesuatu adalah tidak berlaku. Sebagai dalil, bahwa Islam telah mengajarkan tentang kedisplinan, adalah menejemen sholat. Watu untuk melakukan sholat telah ditentukan oleh Allah, kita tidak bisa merubah watunya seenak hati kita. Betapa Islam adalah agama yang agung. subhanaAllah!
Sekali lagi, keprihatinan tentang krisis kediplinan ini adalah hal yang seharusnya segera kita obati. Caranya adalah kita mulai dari diri sendiri, yaitu dengan tidak menunda pekerjaan dan berusaha menepati janji. Apalagi jika kita sebagai seorang pemimpin, misalkan seorang guru, maka kita hendaknya mulai belajar untuk datang lebih awal daripada siswa, jika guru terlambat datang…bagaimana dengan murid-muridnya? Dan jika kita seorang siswa, maka hendaknya kita dapat menjadi teladan bagi sesame siswa, dengan datang tepat waktu dan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu pula.
Katakan “tidak” dalam menyia-nyiakan waktu. Karena akan datang sebuah penyesalan dimasa yang akan datang yang tragis, jika sekarang tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, apalagi jika waktu yang kita gunakan itu berhubungan dengan aktifitas orang lain, maka hal itu akan juga berdampak negative pada social kemasyarakatan kita. Contoh, kita sudah membuat janji kepada rekan kerja kita untuk membahas bisnis pada jam 10, dengan alasan yang tidak ada hubungannya dengan janji kita sebelumnya, kita datang terlambat, maka hubungan bisnis dan silaturahim kita hancur.
Jadi, jangan sepelekan dampak negative dari ketidakdisiplinan….:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar